fotografi kamera hp
fotografi kamera hp

Tips Fotografi Kamera HP Estetik, Siapkan Peralatan Ini!

Fotografi kamera hp kini semakin digemari oleh banyak orang. Ini berkat kemajuan teknologi yang semakin canggih sehingga kamera bawaan di hp dapat menghasilkan foto-foto berkualitas.

Kamera adalah salah satu fitur unggulan di smartphone yang banyak menjadi pertimbangan pengguna sebelum membelinya. Semakin banyak smartphone membekali fitur-fitur canggih dalam kamera bawaan mereka.

Jadi, tidak harus membeli DSLR yang harganya selangit. Anda bisa memanfaatkan smartphone dengan mempelajari teknik-teknik fotografi. Selain itu, bisa juga menggunakan aksesoris tambahan agar hasil foto semakin ciamik.

Aksesoris Tambahan untuk Fotografi Kamera HP

Para fotografer yang memiliki DSLR mahal terkadang tidak hanya mengandalkan device tersebut. Akan tetapi juga menggunakan peralatan tambahan seperti lensa, tripod, dan sebagainya.

Ini juga berlaku bagi Anda yang ingin serius menggeluti dunia fotografi hp. Untuk menghasilkan kualitas foto lebih maksimal, pertimbangkan beberapa aksesoris berikut saat memotret dengan smartphone.

Artikel Menarik  Mengaktifkan Dark Mode Google Chrome dengan Mudah

1. Lensa Makro untuk Ketajaman Gambar

Aksesoris pertama untuk mendukung hasil potretan Anda adalah lensa makro. Smartphone terbaru memang sudah dibekali fitur lensa makro pada kamera bawaannya. Namun tidak perlu khawatir jika Anda belum bisa membeli jenis smartphone tersebut.

Anda bisa membeli lensa makro yang berguna untuk memotret suatu objek dari dekat dengan detail fokus. Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menekuni fotografi makro. Misalnya memotret bunga atau hewan dari dekat.

2. Tripod dan GorillaPod

Tripod menjadi salah satu peralatan penting untuk aktivitas fotografi kamera hp. Penggunaan tripod membuat Anda bisa mengambil gambar secara stabil. Alat ini mencegah hasil blur pada foto yang dihasilkan.

Sedangkan gorillapod dapat digunakan untuk mengambil gambar di semua medan. Aksesoris ini memiliki 3 kaki layaknya tripod. Perbedaannya adalah kaki-kaki pada gorillapod memiliki “otot-otot” yang dapat ditekuk.

Dengan begitu, Anda bisa meletakkannya dimana saja dengan cara mencengkeramkan kaki gorillapod ke benda di sekitarnya. Selain untuk memotret, gorillapod juga membantu dalam pengambilan video dimana saja.

Artikel Menarik  Tips Cas HP yang Tepat Agar Baterai Tidak Cepat Rusak

3. Lampu dan Mini Studio

Salah satu faktor penting dalam fotografi kamera hp adalah pencahayaan atau lighting. Untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus, Anda bisa menggunakan lampu. Ini khususnya diperlukan untuk pemotretan di dalam ruangan.

Ada berbagai jenis lampu yang mendukung pencahayaan. Seperti ring light, lampu pendar (fluorescent), atau lainnya. Namun tidak ada salahnya memanfaatkan pencahayaan dari lampu sederhana sepeti flash hp atau lampu belajar.

Mini studio juga mendukung hasil potret yang semakin maksimal. Ini khususnya sangat berguna dalam proses foto produk. Dengan mini studio, Anda dapat memotret produk secara maksimal untuk kebutuhan promosi.

4. Lensa Tele untuk Astrofotografi

Jangan salah, memotret keindahan benda langit seperti bulan maupun gugusan bintang dalam galaksi bima sakti juga bisa dilakukan dengan smartphone. Peralatan yang dibutuhkan yaitu lensa tele atau telephoto.

Lensa tele memungkinkan fotografer untuk mengatur focal length dengan rentang tertentu. Dengan begitu, Anda bisa memotret objek dengan jarak focal tertentu. Jenis lensa ini sering dipakai oleh astrofotografer kamera hp.

Artikel Menarik  HP Sering Muncul Iklan? Hati-hati, Begini Cara Mengatasinya

Tidak harus membeli DSLR atau kamera mirrorless yang harganya terbilang tinggi. Dengan peralatan-peralatan di atas, Anda bisa menghasilkan foto keren dengan fotografi kamera hp.

Leave a Reply

Your email address will not be published.